Anti gores atau sering disebut juga screen protector atau screen guard sangat dibutuhkan oleh ponsel atau smartphone untuk melindungi layar ponsel dari goresan baik dari proses pemakaian sendiri atau pun goresan dengan benda lainnya. Misalnya ketika anda memasukkan ponsel di dalam celana jeans, jika ponsel anda tanpa anti gores maka kemungkinan kain berbahan jeans akan menggores permukaan layar ponsel. Untuk itu, peran anti gores disini sangatlah penting, apalagi smartphone tipe sekarang semuanya touchscreen. Selain itu, karena sentuhan yang terus menerus dari jari kita juga lama-kelamaan membuat layar akan tergores.

Anti Gores Ponsel

Namun pemasangan anti gores pun tidak bisa dilakukan sembarangan karena bila terlanjur salah, anti gores anda tidak bisa dipasang ulang. Ada dua hal yang paling ditakuti saat pemasangan anti gores yaitu adanya gelembung dan posisi yang tidak pas atau miring. Untuk menghindari kesalahan tersebut, berikut saya rekomendasikan cara memasang anti gores dengan benar :
  1. Siapkan dulu bahan bahan untuk memasang anti gores yaitu ponsel yang akan dipasang anti gores, anti gores itu sendiri, isolasi, lap atau kain bersih berbahan halus, dan minyak kayu putih.
  2. Bersihkan layar ponsel dengan lap bersih dan anti statik, biasanya disertakan dalam paket anti gores baru. Lap ini tidak mengandung debu dan tidak mengakibatkan layar menarik debu. Bersihkan hingga bersih, bebas dari sidik jari dan debu. Yakinlah bahwa tidak ada setitik debu pun di layar. Debu sekecil apapun akan menyebabkan gelembung.
  3. Apabila layar dalam keadaan kotor atau lengket, bisa digunakan kain bersih yang dicocolkan dengan amat sedikit minyak kayu putih/minyak telon, untuk meluluhkan kotoran terutama yang melekat di layar.
  4. Setelah itu, ukur screen guard baru dengan permukaan layar, tujuannya untuk mengetahui bagaimana screen guard akan terpasang. Perhatikan sisi-sisi pinggir layar, lubang speaker, lubang kamera, dan keypad.
  5. Pada screen guard baru tersebut, cari bagian dengan sepotong kecil stiker bertuliskan 1 (atau a), kemudian tarik sedikit saja bagian dari stiker tersebut hingga bagian pelindung pertama terlepas dari screen guard, kurang lebih 1.5 cm dari atas, tekuk pelindung tersebut, dan jepit dengan jempol dan telunjuk kedua tangan.
  6. Tempelkan screen guard ke ponsel secara perlahan-lahan dari tepi hingga ke tekukan pelindung. Ambil lap pembersih dan gosok dengan sedikit tekanan pada bagian yang sudah tertempel tadi mulai dari tepi hingga ke tekukan pelindung agar screen guard tertempel dengan kuat.
  7. Yakinkan bahwa screen guard tertempel secara lurus, dan tidak ada gelembung. Apabila tidak lurus, lepas kembali screen guard dan mulai lagi dari no. 4. Apabila bergelembung, coba untuk menggeser gelembung itu dengan lap ke arah tepi agar gelembung udara itu keluar dan menghilang. Apabila tidak bisa, lepas kembali screen guard dengan menempelkan isolasi pada telunjuk dan cabut sreen guard dengan perekat isolasi tersebut, kemudian ulangi lagi dari no. 4.
  8. Apabila sudah lurus dan tidak bergelembung, menggunakan lap, gosok dengan sedikit tekanan, dan sedikit demi sedikit gosokan di arahkan ke arah yang belum tertempel, sambil stiker pelindung dilepas perlahan mengikuti gosokan.
  9. Setiap kali gelembung muncul, lepas kembali screen guard tapi hanya hingga bagian gelembung terlepas, dan teruskan langkah no. 7.
  10. Setelah selesai, lap kembali semuanya, pastikan screen guard tertempel dengan kuat. Lalu lepaslah perlahan stiker pelindung bagian atas menggunakan sepotong kecil stiker bertuliskan 2 (atau b).

Sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik yang lainnya.
0 Komentar untuk : Cara Memasang Anti Gores Ponsel dengan Benar