Memori android anda penuh karena banyaknya aplikasi yang diinstal? Jangan takut dengan fasilitas memori eksternal atau SD Card, anda bisa memindahkan aplikasi yang sudah terlanjur dipasang pada perangkat android anda. Oleh karena itu, kali ini kami akan berbagi tentang Cara Mengatur Penyimpanan Aplikasi Android ke Memori Eksternal / SD Card.

Move to SD Card

Sebenarnya, sebelum anda menginstal aplikasi pada android, bisa memilih pengaturan default penyimpanan perangkat pada memori eksternal atau SD Card. Perlu diketahui juga bahwa tidak semua aplikasi bisa disimpan ke dalam memori ekternal atau SD Card. Beberapa aplikasi seperti aplikasi bawaan original smartphone android biasanya hanya bisa tersimpan di internal memory. Berikut adalah cara mengatur penyimpanan aplikasi android ke memori eksternal SD Card secara default :
  • Buka menu Settings atau Pengaturan, lalu pilih Penyimpanan.
  • Setelah masuk ke pilihan Penyimpanan, maka scrolling ke bagian bawah Penyimpanan, pilih Write Disk Default.
  • Pada Write Disk Default, atur pilihan penyimpanan perangkat ke memori eksternal atau SD Card. Selesai.

Bila anda sudah terlanjur menginstal aplikasi pada memori internal, anda juga dapat memindahkannya ke memori eksternal atau SD Card. Berikut adalah cara memindahkan aplikasi yang sudah terinstal di memori internal ke memori eksternal atau SD Card :
  • Buka menu Setting atau Pengaturan, lalu pilih pilihan Application Manager atau Manager Aplikasi.
  • Kemudian pilih aplikasi yang akan dipindahkan lalu scrolling ke bagian bawah pilih "Move to SD Card"
  • Selesai.


Sama seperti penjelasan di atas bahwa ada aplikasi yang tidak meiliki fitur Move to SD Card. Jika cara di atas kelihatannya sulit bagi anda, anda bisa juga memindahkannya dengan aplikasi pihak ketiga seperti App2SD, Link2SD, Mini Partition Wizard, atau aplikasi lainnya yang bisa anda unduh di Google Play Store.

Cukup sekian untuk penjelasan tutorial kali ini, semoga tutorial di atas bermanfaat untuk anda. Jika ada kesulitan, jangan lupa meninggalkan komentar di bawah artikel ini. Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.
0 Komentar untuk : Cara Mengatur Penyimpanan Aplikasi Android ke Memori Eksternal / SD Card