Hey, Sup? kali ini Rumah Coeg akan membagikan tentang Menemukan Bug pada Website anda dengan software Acunetix.

Acunetix adalah software scanner website dimana kamu bisa melihat apapun di dalam website kamu, kecuali file-file tertentu yang dibatasi dengan CHMOD dan pengaturan .htaccess dari Websitenya. Disini kita tidak akan membahas sisi buruk dari software ini, melainkan sisi baik dan manfaatnya buat kita para web developer.

Disini, anggap saja kita memiliki sebuah website dengan CMS Wordpress dan dengan hosting cPanel. anggap saja domain kita adalah facebook.com, maka kita akan mulai melakukan scan dengan menambahkan situs/domain kita sebagai target terlebih dahulu.

Download Acunetix Full Version
Logo Acunetix
Nah, disini ketika anda sudah berhasil menambahkan situs anda sebagai target scanning (Tampilan akan seperti dibawah ini). Silahkan ditunggu sampai hasil full scan akan keluar, lamanya proses akan bergantung dengan kecepatan koneksi internet anda. Semakin cepat koneksi anda, semakin cepat pula proses scanning tersebut. Saya menyarankan anda menggunakan koneksi wifi.id.

Bug Sql Injection yang ditemukan Acunetix

Acunetix akan melakukan scanning pada website anda secara komplit, mulai dari Public_html, sampai ke folder-folder paling kecil pada website anda. Bahkan folder yang kosong sekalipun. Nah, apabila website anda memiliki bug atau semacam celah yang bisa dimanfaatkan pentester atau Hacker dan semacamnya, Acunetix akan memunculkannya sebagai sebuah warning, seperti gambar diatas. Diatas merupakan contoh bug SqlI (Sql Injection). Bug ini merupakan sebuah celah tingkat tinggi, dimana pentester dapat menemukan Username dan Password Administrator anda. Bukan hanya itu, mereka juga dapat menemukan informasi yang paling sensitif kedua setelah admin login, Credit Card! 

Setelah memperingatkan kita tentang adanya celah pada website kita, Acunetix juga menyertakan secara detail dimana dan bagaimana cara kita memperbaikinya. Hanya saja, anda harus setidaknya memahami basic/dasar bahasa pemograman PHP, dimana akan sangat berguna dalam fixing bug seperti ini. 

Well, itu tadi tutorial sederhana tentang cara mengetahui apakah ada bug pada website kita atau tidak. Sebenarnya sebagus apapun website itu, pastilah ada celahnya. Sesempurna apapun keamanan website tersebut, pastilah bisa ditembus. Karena begitulah bagaimana cahaya bisa masuk kedalam sebuah ruangan. Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini, semoga apa yang saya post disini bisa berguna buat kawan-kawan semua.

0 Komentar untuk : Menemukan / Scan Bug pada Website Anda dengan Acunetix Full Version