Kamu sering mengirim file dari android kamu ke laptop menggunakan kabel? Atau juga Bluetooth pada android lain untuk mengirim foto atau file penting lain? KUNO! Selain repot, menggunakan Kabel USB juga sangat memakan waktu. Belum lagi bahaya bertukar virus antar Device yang bisa berakibat fatal, seperti kerusakan dan lain-lain.

Kini, semua masalah tersebut terselesaikan. Dengan berbagi jaringan Localhost, tidak akan ada lagi virus yang berjalan-jalan berpindah Device dan sangat mengganggu kamu. Tidak ada lagi colok-cabut kabel USB dari laptop ke gadget kamu. Dan mungkin saja, kita tidak akan lagi membutuhkan flashdisk untuk hal simpan menyimpan data. Tentu hal ini sangat membantu untuk mahasiswa atau pekerja yang sering melakukan presentasi dengan menggunakan proyektor.

Adalah Xender, aplikasi yang mampu memberikan kamu semua solusi yang saya gambarkan diatas. Xender mampu mentransfer file dengan banyak cara, yaitu secara online dan offline. Online disini yang dimaksudkan adalah memakai koneksi Internet, dan bertransaksi lebih cepat tanpa repot sama sekali. Dan yang kedua adalah transfer dengan cara Offline, yaitu menggunakan Localhost yang dimiliki Device Android manapun.

Kirim file tanpa Bluetooth dan Kabel USB
Logo Xender

Mode yang saya jelaskan disini adalah dengan Cloud Mode (Mode Online). Dengan Menggunakan koneksi internet, android kamu bisa berkirim file dengan PC/laptop manapun dengan jarak unlimited, selama PC/Laptop kamu memiliki koneksi internet. Bagaimana caranya? berikut akan dijelaskan secara singkat.

  • Pastikan android kamu telah terinstal Xender (dapat didownload dari playstore).
  • Buka aplikasi Xender di android kamu tersebut, tampilan awalnya akan seperti pada gambar di bawah ini.


Tampilan Awal Xender


  • Kemudian klik tombol di samping tulisan Connect Phone, hingga tulisan tersebut berubah menjadi Connect PC.


Connect PC pada Xender


  • Kemudian Buka PC/Laptop anda, buka browser (Disarankan menggunakan Firefox) Kemudian buka alamat http://web.xender.com. Anda akan diminta melakukan Barcode Scanning terhadap website tersebut seperti di bawah ini :


Barcode Scanning Pada Web Xender


  • Kemudian setelah Barcode Scanning sukses, di Android anda akan ada tampilan seperti di bawah ini :


Notifikasi sukses konek


  • Halaman diatas menunjukkan kalau Android dan PC/Laptop anda sukses terkoneksi. Sedangkan Tampilan PC/Laptop anda akan seperti ini.


PC Xender


  • Setelah di Browser PC/Laptop anda dialihkan ke halaman seperti di atas, itu artinya anda sudah dapat melakukan transfer file dari PC ke Android atau sebaliknya. Namun ingat, File Transfer melalui mode Cloud ini dibatasi hanya sampai 10 MB saja tiap filenya. Dan juga kecepatan transfer sangat bergantung pada koneksi internet kedua Device (dua device tersebut harus stabil koneksinya).


Sekian untuk artikel kali ini. Semoga artikel Teknologi Baru Berkirim File Tanpa Bluetooth dan Kabel USB ini bermanfaat bagi anda yang ingin berkirim file tanpa bluetooth dan kabel.
0 Komentar untuk : Cara Berkirim File Tanpa Bluetooth dan Kabel USB