Apa itu Hotspot Wi-fi (Hotspot Waifai - juga ditulis Wifi)? Kamu mungkin sering mendengar kata-kata ini namun kamu sendiri mungkin masih kurang memahaminya. Sebenarnya admin juga kurang memahami arti sesungguhnya dari kata ini. Tetapi menurut pengalaman saya sendiri, Hotspot Wi-fi berguna untuk membagi koneksi internet antar PC/Laptop maupun Handphone. Nah ini arti sesungguhnya dari Wi-fi. Wi-fi (Waifai) merupakan teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data dengan menggunakan gelombang radio melalui sebuah jaringan komputer, termasuk di dalamnya adalah koneksi internet berkecepatan tinggi.

Nah, sudah tahu tentang Wi-Fi, sekarang balik ke topik, yaitu cara membuat PC atau laptop menjadi Hotspot Wifi. Bagaimana caranya? Pertama, perlu di jelaskan terlebih dahulu bahwa laptop manapun sampai saat ini tidak ada yang menyediakan software untuk membagikan koneksi internetnya. Oleh karena itu , disini kita akan menggunakan jasa pihak ke-3, yaitu UC Browser .

Lho, bukannya UC Browser itu hanya ada di handphone ya? Kalau kamu berpikiran seperti itu, maka kamu Kudet banget! masalahnya, UC Browser sekarang sudah tersedia versi PCnya lho! Dengan desain yang keren dan kekinian, juga dilengkapi dengan fitur "Free Wifi". Ooops , jangan termakan omongan dulu gan, Free Wifi disini maksudnya bukan Wifi Gratis loh, tetapi "Berbagi Koneksi dengan Gratis", tetapi tetap menggunakan paket data atau kuota yang agan miliki.

Fitur ini termasuk canggih loh gan, pasalnya, fitur tambahan UC Browser ini mampu melakukan "Re-Share Connection" dari koneksi Wifi lainnya. Hmm, susah dimengerti ya gan? nih saya kasih contohnya :

Cara Membuat PC menjadi Hotspot Wifi dengan gratis di Windows 7-8
Screenshot Fitur "Free Wi-fi" UC-Browser

Di atas itu adalah fitur tambahan dari UC seperti yang sudah saya bahas tadi. Nah, sebelum menghidupkan fitur ini, terlebih dahulu saya mengkoneksikan PC saya dengan jaringan Wi-fi gratis dari @Wifi.id (jangan lupa Login terlebih dahulu ya gan). Dan setelah saya mendapatkan koneksi dari Wifi.id, fitur tambahan UC ini akan membagikan ulang koneksi yang saya dapat ke sekitarnya, dengan koneksi yang lebih cepat dan jangkauan yang lumayan menurut saya.

Cara Membuat PC menjadi Hotspot Wifi dengan gratis di Windows 7-8
Screenshot Tray Icon Connection

Bagaimana, apakah agan-agan sudah mengerti dengan penjelasan saya ini? Saya harap sudah mengerti ya, karena sudah susah-susah mikirin menulis pengertiannya gan. Nah berikut adalah tools yang diperlukan untuk menjalankan misi ini :
1. UC Browser : download di situs resminya pada http://pc.ucweb.com.
2. Koneksi internet : beli kuota  atau boleh juga nebeng dengan Wifi.id seperti saya.

Cukup sekian untuk postingan kali ini. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk membaca artikel yang lainnya.
0 Komentar untuk : Cara Membuat PC menjadi Hotspot Wifi dengan Gratis