Saat membuat tugas kuliah atau pun tugas kantor yang mengharuskan disimpan dalam CD, banyak orang yang kesulitan karena tidak tahu caranya. Penyalinan ke CD sering disebut dengan Burning. Dalam artian sesungguhnya, Burning CD / DVD adalah sebuah proses penyalinan data dari komputer ke CD / DVD. Data yang dilakukan Burning ini dapat berupa gambar, dokumen, musik, program, dan lain sebagainya. Untuk melakukan proses Burning dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi yang sudah tidak asing lagi yaitu Nero StartSmart

Namun, perlu diperhatikan. Syarat dari proses Burning CD / DVD adalah anda harus memiliki CD / DVD-RW Drive. CD / DVD-RW Drive ini berfungsi untuk melakukan pembacaan serta penulisan data pada Piringan CD / DVD. Sedangkan CD-ROM Drive hanya mempunyai kemampuan dalam pembacaan data pada CD sehingga tidak dapat dipakai untuk penyalinan data dari komputer ke piringan CD.

Nero StartSmart

Berikut adalah cara lengkap burning CD / DVD dengan menggunakan Nero StartSmart :
  1. Terlebih dahulu install aplikasi Nero StartSmart pada komputer anda.
  2. Masukkan CD Kosong, lalu buka program Nero dengan mengklik Start > All Programs > Nero > Nero StartSmart.
  3. Klik menu Data > Make Data Disc.
  4. Klik tab Add.
  5. Pilih file yang akan disalin ke CD lalu klik Add, lalukan berulang kali untuk memasukkan file data yang akan disalin ke piringan CD. Jangan lupa untuk memastikan bahwa ukuran (lihat pada bagian Size) keseluruhan file yang akan disalin muat untuk disimpan di CD.
  6. Jika telah selesai menyeleksi file, berikutnya adalah klik tombol Finished dan klik lagi tombol Next.
  7. Klik tombol Burn lalu tunggu sampai proses pemakaran (burning) file ke CD selesai.

Cukup sekian untuk postingan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan terim kasih telah berkunjung. Jika ada kesulitan atau pertanyaan silahkan tulis di kotak komentar.
0 Komentar untuk : Cara Mudah Burning CD / DVD dengan Nero StartSmart