Pernah mendengar BlueStacks? BlueStacks merupakan aplikasi gratis (free software) yang bertipe mesin virtual (emulator) Android yang dijalankan di komputer (PC maupun laptop) untuk mengoperasikan segala macam aplikasi Android. Bluestack disediakan dan bisa dijalankan di komputer yang bersistem operasikan Windows (Windows XP, 7, 8, dll) dan Macintosh.

Perusahaan yang membuat aplikasi BlueStacks juga bernamakan BlueStacks. Didirikan pada tahun 2009 oleh Rosen Sharma. Pada 11 Oktober 2011 BlueStacks dipublikasikan dalam versi alpha. Sedangkan versi betanya diluncurkan pada 27 Maret 2012. Pengguna Bluestack semakin bertambah, pada 10 Juli 2013 sudah mencapai 12 juta download. Bahkan Pengguna yang mendownload BlueStacks bertambah berkali-kali lipat, sebanyak 50 juta download pada 26 April 2014.

Cara mengubah IMEI di Blustack terbaru
BlueStacks

Dalam menjalankan aplikasi Bluestacks, komputer (PC / laptop) yang digunakan disarankan telah memenuhi spek atau spesifikasi persyaratan yang dibutuhkan oleh Bluestacks. Hal ini diperlukan agar Bluestacks dapat berjalan secara optimal di komputer bersangkutan. Jika memenuhi syarat maka bisa dilakukan download & instalasi aplikasi Bluestacks.

Bluestacks telah update dan bisa berjalan di Windows terbaru. Untuk komputer dengan Windows versi lama terdapat beberapa syarat tambahan dalam perangkat lunaknya.

Jika ternyata spesifikasi yang dimiliki suatu komputer lebih tinggi dari yang disarankan, maka kinerja aplikasi Bluestacks bisa lebih baik lagi. Di bawah ini terdapat beberapa spesifikasi komputer yang diperlukan Bluestacks agar bisa berjalan optimal :

  1. RAM : 2 GB
  2. Harddisk : 9 GB.
  3. Operasi sistem : Windows XP (32-Bit), Vista, 7, 8, 8.1

Syarat khusus untuk Windows Vista

  • Komputer harus sudah terinstall Service Pack 2 (SP2), bisa diinstal melalui update Windows.


Syarat khusus untuk Windows XP (32-Bit)

  • Komputer harus sudah terinstall Windows installer 4.5
  • Komputer harus sudah terinstall .NET Framework 2.0 SP2


Hal lain yang perlu diperhatikan adalah : [a] Jangan lupa untuk mengupdate driver VGA/kartu grafis. [b] Jangan menginstall aplikasi BitDefender (tidak kompatibel dengan BlueStacks). [c] Jangan menginstall aplikasi mesin virtual lainnya, seperti Microsoft Virtual PC, VMWare Workstation, ataupun Oracle Virtualbox (bisa terjadi bentrok antar aplikasi).
0 Komentar untuk : Aplikasi BlueStacks for PC