Pernahkah sobat mendengar kata hologram, apa yang sobat bayangkan? apa sobat membayangkan film modern seperi iron man dengan kemputer tanpa layar yang hanya memunculkan sinar/cahaya. 
Holografi adalah teknik yang memungkinkan sebuah cahaya dari suatu benda yang tersebar direkam dan kemudian direkonstruksi sehingga objek seolah-olah berada pada sebuah posisi yang relatif sama dengan media rekaman yang direkam. Gambar berubah sesuai posisi dan orientasi dari perubahan sistem pandangan dalam cara yang sama seperti saat objek itu masih ada, kemudian gambar yang direkam akan muncul secara tiga dimensi (3D) yang biasa disebut dengan hologram.
(sumber: wikipedia)
Dengan pesatnya teknologi membuat sebuah hologram sendiri bukanlah hal yang tidak mungkin di lakukan, apakah mungkin membuatnya sendiri? percaya atau tidak, sobat harus percaya kali ini saya akan share tutorial membuat Hologram 3D yang super keren dengan bermodalkan smartphone atau semua jenis handphone apapun semua bisa di gunakan untuk memunculkan hologram tetapi jangan menggunakan HP yang sangat jadul ya sob.

Untuk bahan yang perlu sobat perlukan berikutnya adalah bahan yang cukup sederhana yang bisa kamu dapatkan dari sisa atau bekas alat rumah tangga kalau tidak ada terpaksa harus membeli atau meminta teman.

Bahan-bahan yang perlu di siapkan:
  • Pensil/pulpen
  • Penggaris
  • Graph Paper ( kertas yang akan digunakan untuk menggambar)
  • Kotak CD transparan
  • Pisau atau Cutter
  • Isolasi Transparan/Lem
  • Smartphone
Langkah-Langkah:
  1. Buatlah gambar Rhombus "belah ketupat" di kertas Graph Paper dengan menggunakan pensil dan penggaris sesuai ukuran gambar di bawah
  2. Setelah itu, Sobat potong lapisan kotak CD sesuai pola yang telah digambar dengan pulpen. Buat sebanyak empat kali.
  3. Kemudian, pasangkan masing-masing sisi pola yang tadi telah di buat dengan menggunakan isolasi bening/Lem danakan membentuk sebuah bangunan prisma segitiga.
  4. Lalu, letakkan di atas smartphone sobat. Jangan lupa, sobat harus download/streaming video hologram terlebih dahulu supaya bisa ditampilkan di smartphone sobat.
Wooww, keren bukan? Kini melihat hologram 3D sendiri secara langsung bukanlah mimpi lagi impian sobat sudah terwujud dengan memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak perpakai di jadikan sebuah karya seni yang indah. Video yang di unggah seorang pengguna YouTube yang bernama "Mrwhosetheboss" menggunggah sebuah video tutorial ini, dimana sobat dapat memanfaatkan barang bekas yang dapat membuat smartphone memancarkan cahaya hologram. Bagi sobat yang masih kebingungan, yuk simak video cara membuat hologram berikut ini.

Berikut Video Tutorial  yang bisa Anda simak :


Cukup sekian untuk tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk membaca artikel unik dan menarik lainnya.
0 Komentar untuk : Tutorial Membuat Hologram 3D dengan Smartphone